0

Short-Term Memory Disorder

gue paling lemah dalam ngapal nama orang...

juga ngapal muka orang...

intinya gue paling lemah dalam urusan ingat-mengingat.

silakan kasi gue setumpuk foto, segerombol orang, ato sekalian aja bedol desa (lakulajak hahaha), gue bisa inget dalam waktu sekian menit.
habis itu coba kasi liat gue cowok ganteng...
saat itu juga gue pasti lupa semuanya.

bukan cuma cowok ganteng, semua hal yang menurut gue menarik, dengan sempurna bakal membuyarkan semua kefokusan gue dalam mengingat. sucks, hm?

kata orang-orang gue bukan pelupa, cuma nggak fokus aja. dan 'cuma nggak fokus aja' itu bikin masalah besar buat gue. BANYAK masalah besar sebenernya. misalnya...nyasar, salah manggil nama orang, pokoknya hal-hal remeh yang berbuntut panjang, sepanjang anyer-jakarta.

gue mesti ngelewatin sebuah jalan beberapa kali berturut-turut, baru gue apal jalannya.
pernah waktu pertama kali gue pulang dari 70 naik 611. hari berikutnya gue naik 611 lagi dan pas ngelewatin sebuah jalan, gue mikir, wah dibawa nyasar nih gue sama abangnya. beberapa hari kemudian gue sadar emang jalan itu jalurnya 611.

di tengah-tengah ngobrol sama orang, sering (BANGET) gue lupa sama apa yang baru pengen gue omongin. padahal niat ngomongnya baru selang beberapa detik. azz -__-

waktu itu gue juga pernah mesti ketemuan sama anak SMA 46 buat urusan ekskul. gue ketemuan di pim dan dengan bangga gue langsung manggil dia soalnya mukanya masih bener-bener gue inget. yesssss, begitu pikir gue, sembuh juga penyakit gue.
seminggu kemudian dia minta ketemu lagi. gue iyain aja, tapi ketemuan di kfc bulungan. dia ngeiyain.
pas pulang sekolah, gue langsung ke kfc bulungan. gue asik main hape sambil nungguin temen gue. tiba-tiba ada orang duduk di depan gue. gue cuma ngerutin kening. dia juga ngerutin kening.
sasti, kan? begitu dia nanya pas ngeliat wajah gue yang PENUH kebingungan plus shock. yaiyalah, siapa yang nggak shock kalo tiba-tiba ada stranger duduk di seberang kita dengan santainya dan nyebut nama kita? gue cuma bisa ngangguk sambil mikir, kok kenal gue? famous gitu gue ceritanya?
ini gue...masih inget kan? katanya
gue melongo. sejuta respon muter-muter di otak gue. mulai dari "BOONG!" sampe "oh, gue bukan sasti. i'm emma watson (pake aksen british)".
tapi yang keluar dari mulut gue cuma, oh...OHHHH!!!
yep, tanpa sadar gue teriak sekenceng-kencengnya kayak ada maling. temen gue cuma nyengir. sejuta alasan muter-muter (lagi) di otak gue. mulai dari "bagus nggak sih akting gue?" sampe "kemaren gue baru digebuk pake kamus sama guru gue".
tapi yang bisa keluar dari mulut gue cuma, hemm nothing. gue cuma speechless.
akhirnya temen gue ketawa dan (keliatannya berusaha) ngelupain yang barusan.

aaaaaahhhhhh
gue nyari-nyari di internet gimana caranya biar kelainan gue (kalopun nggak bisa ilang) nggak parah-parah amat. ternyata ada caranya...

1. BIKIN PLAN
namanya juga orang pelupa jadi MESTI mempunyai daftar untuk menulis semua rencana-rencan kita, termasuk hal-hal yang kecil sekalipun, klo perlu bikin juga check listnya. misalnya saja,lupa untuk mengunci pintu kamar atau daftar barang belanja yang akan kita beli. coret setiap hal yang telah kita lakukan. lama-lama kita juga akan terbiasa bikin perencanaan dan nggak cepat lupa lagi, dan hidup kita akan menjadi lebih terorganisir (nggak gue banget, soalnya kalo gue punya notebook, pasti penuh sama gambar-gambar abstrak hasil buah tangan gue).

2. MULAI LEBIH RAPI
kacamata ketinggalan di kamar mandi, sikat gigi ketinggalan di rumah saudara saat menginap semalam. jangan mencampur semua barang-barang menjadi satu, tampatkan sesuai jenisnya.

3. JANGAN PANIK
sering banget waktu kita lupa menaruh sesuatu langsung panik. ternyata panik malah akan membuat kita tambah lupa. konyol kan? kalo taunyayang kita lupa malah ada di tangan atau di depan mata kita ? jadi, tarik napas dulu. waktu santai kita bakal lebih mudah mengingat (biasanya sih).

4. SIMPAN BARANG PADA TEMPATNYA
sekarang biasakan untuk disiplin mengembalikan barang-barang yang habis kita gunakan ketempatnya semula jika sudah selesai kita gunakan. barang punya kita yang dipinjem, mintain sama yang minjem buat balikin ke tempat semula.

5. DIULANG
seringlah mengulang-ulang apa yang hendak diingat atau dihafal. langkah ini membantu memudahkan ingatan dalam memperlihatkan hal-hal yang penting (poin ini paling bikin mager).

6. MINTA TOLONG TEMEN
minta temen untuk bantu. bilang sama mereka untuk ngingetin kita kalo bermaksud ngerjain sesuatu hari ini (lupa ya kalo ada fitur reminder di hape azz -___-)

7. JANGAN DITUNDA
semua poin diatas bakal bantu sifat pelupa kita kalau kita cepet-cepet ngelakuinnya. nunda malah bikin kita menjadi “menabung” lupa vesi baru. jadi, lakukan apa yang pengen kita lakuin dengan segera

hemm
kalo buat gue sih...nggak ngaruh soalnya nggak ada satupun poin yang gue lakuin hahahahahaha.

oke penyakit lain gue selain lupa adalah MALES.
pake BANGET kalo perlu.

and quote of the day "i forgot what i must forget (???)"

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top