0

Happiness in Diversity

life means finding happiness, it's the only reason. but face it, life is like a crossroads. just because the other take a different path, doesn't mean they're wrong although they have the same purpose, right?

seorang sahabat pernah menampar gue dengan kata-kata itu.

walaupun tujuan kita sama, belum tentu cara yang kita ambil sama. just like a labyrinth, confusing but we are guided to the same destination. happiness.

happiness. kebahagian.
itu sebuah kata yang relatif. orang bisa mengartikan kebahagian dari sudut pandang mereka masing-masing. uang, tahta, kekuasaan, wanita, bahkan secuil remah roti pun bisa menjadi kebahagiaan. tergantung bagaimana orang tersebut mengartikan 'kebahagiaan'.

happiness. kebahagian.
itu sebuah kata yang relatif. bukan cuma arti, tapi juga cara meraihnya. itulah yang membedakan jalan kehidupan setiap orang. bagaimana cara mereka meraih sebuah tujuan. jalan pintas, jalan terjal, atau jalan yang dipakai orang kebanyakan, atau bahkan mereka bisa membuka jalan baru.

kadang orang tidak sadar bahwa jalan menuju kebahagiaan itu penuh dengan cabang. mereka mencemooh orang yang tidak sama dengan mereka. hanya karena mereka mengambil jalan yang berbeda, bukan berarti mereka salah 'kan?
seharusnya itu yang ada di benak mereka. seharusnya...
tapi paradigma bahwa perbedaan adalah hal tabu masih sulit diubah dalam diri banyak orang-orang yang menganggap 'satu tujuan, satu jalan'.

padahal seseorang pernah bilang,

"terima kasih, Tuhan, kami hidup dalam keberagaman, bukan keseragaman"

inti dari hidup ini adalah bagaimana kita mencari kebahagian dengan menghargai orang yang mengambil jalan berbeda dengan jalan kita. because your path is NOT their path. memaksakannya cuma bikin sakit hati.

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top